Rokan Hulu

Ribbon Printer Disdukcapil Rohul Habis,Pencetakan KTP-el Terhenti

Ribbon Printer Disdukcapil Rohul Habis,Pencetakan KTP-el Terhenti

Rokan Hulu(matariau.com)- Sejak dua minggu lebih, pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), tidak bisa lagi bisa layani pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( KTP-el), akibat Ribbon atau Tinta Khusus alat Printer KTP-el habis.

Dikatakan Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Rohul, Irwan, Kamis (12/42018) mengatakan, pengadaan Ribbon tinta Khusus alat Printer  KTP-el sebenarnya sudah dianggarkan di APBD Rohul 2018. Namun, karena ada permasalahan APBD 2018, menyebabkan  pengadaan Ribbon sempat tertunda.

"Perencanaannya, pengadaan Ribbon harus dilaksanakan di bulan Januari. Namun karena APBD 2018 sempat bermasalah, mengakibatkan pengadaan ribbon sedikit tertunda"  sebut Irwan.

Beruntung, pencetakan KTP-el sejak bulan Januari sampai akhir Maret 2018, masih dapat terlayani, karena masih ada sisa Ribbon tahun anggaran 2017. Tapi, sejak 15 hari lalu, Stok Ribbon sisa anggaran tahun 2017 sudah habis, sehingga Pencetakan KTP-el tidak bisa dilakukan.

“Walaupun kami tidak bisa mencetak ktp-el,  tapi pelayanan perekaman tetap kita layani dengan baik. Bahkan kita aktif melakukan perekaman offline ke desa-desa.  Sebagai pengganti KTP-el , kita keluarkan Suket, dimana hingga saat ini Disdukcapil Rohul sudah mengeluarkan 509 Suket," terang Irwan.

Ditanya terkait ketersedian Blanko, Irwan menyatakan Disdukcapil Rohul masih memiliku stok blanko sekitar 8000 keping untuk persediaan Suket hingga 3 bulan kedepan. Tetapi, karena Ribbon habis, maka blanko tersebut tidak bisa digunakan.

Berdasarkan data Disdukcapil Rohul, terdapat 374. 906 wajib KTP. Dari jumlah tersebut, 358. 782 warga sudah melakukan perekaman dan 16.124 warga belum melakukan perekaman.

Dari jumlah warga yang telah lakukan perekaman, 348.165 sudah dicetak KTP-EL sementara Sisanya masih dalam tahap penunggalan data atau  Tidak bisa dicetak karna faktor ribbon tinta khusus printer Ktp-el kosong.(dr)//


Komentar