Rokan Hulu

IDI Rohul Bersama 8 Jarkomkes Gelar Bhakti Sosial Stanting di Desa Menaming

IDI Rohul Bersama 8 Jarkomkes Gelar Bhakti Sosial Stanting di Desa Menaming

Rokan Hulu(matariau.com)- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bersama 8 organisasi kesehatan lainnya, laksanakan bhakti sosial bersama Jaringan Komunikasi Kesehatan (Jarkomkes), di PasarMenaming, Kecamatan Rambah, Kamis (19/04/18) siang.

Dikegiatan bhakti sosial tahun 2018, IDI Rohul bekerja sama dengan 8 organisasi profesi kesehatan lainnya di Rohul, seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), PC IAI Rohul, Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium (PATELKI), Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) DPD Persagi Rohul, dan DPD Persatuan Akhli Gizi (Persagi) .

Di bhakti sosial bersama,digelar berbagai progam kesehatan yang dilaksanakan secara langsung di lokasi Pasar Menaming, yang dihadiri Bupati Rohul, H.Sukiman, Kadiskes dr Bambang, Ketua IDI Dr Zuldi Afki Sp.P, Camat Rambah Muhammad Franovandi SIP Msi Camat Rambah Hilir Agus Salim SSos, Kepala desa Menaming Firdaus Daulay ,Lurah Pasir Pangaraian Mukhlis SE, seerta puluhan dokter, bidan, perawat , serta tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

ketua Panitia pelaksana Jarkomkes, menyatakan ada 8 organisasi melaksanakan kegatan tersebut. Dengan bhakti sosial tersebebut  

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia atas terlaksananya kegiatan , juga kepada kepala desa (Kades) Menaming, yang sudah bekerja keras mempersiapkan desatersebut menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan Jamkorkes ini.

“Digelarnya  pelaksanaan kegiatan bhakti sosial bersama, dilaksanakan di beberapa tempat . IDI Rohul iuga akan lakukan pemeriksaan kadar HB,Eradikasi TB,serta pemeriksaan kesehatan masyarakat lainnya," Kata Dokter Spesialis Paru ini.

Ketua IDI Rohul juga mengaku, dipilihnya Desa Menaming sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan bhakti sosial oleh IDI Rohul, disebabkan pernah ditemukan kasus gizi buruk beberapa waktu lalu di Desa yang berbatas dengan Kecamatan Bangun Purba.

Bupati Rohul H.Sukiman dalam sambutannya mengatakan, bhakti sosial bersama yang digelar IDI Cabang Rohul dan 8 organisasi profesi kesehatan Rohul diharapkan mampu membangun Jaringan Komuniasi Kesehatan (Jarkomkes).

“Melalui kegiatan yang dilaksanakan, saya berharap kasus stanting yang ada di 10 desa di Rohul bisa diatasi. Karena awalnya, kita tidak mengetahui stanting itu apa, namun setelah di informasikan ke kita, baru paham apa itu stanting. Jelasnya melalui kegiatan yang diprakarsai IDI bersama organisasi profesi kesehatan lainya maka ini diharapkan bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” harap Bupati.

Kades Menaming Firdaus juga berterima kasih, karena desa mereka menjadi tempat kegiatan Jarkomkes, sehingga secara perlahan masyarakat di desanya bisa terbebas stanting. Juga berterima kasih ke Bupati H Sukiman, serta instansi terkait lainnya yang sudah melakukan bhakti sosial kesehatan termasuk pemberian susu dan makanan sehat untuk balita.

Juga di kegiatan itu, adanya penyaluran bantuan sembako, juga obat obatan, yang diberikan oleh BRI Cabang Pasir Pangaraian dan Bank Mandiri Rohul.(dr)//


Komentar