Rokan Hulu

Harapan LAMR,Calon Wabup Rohul Bisa Melestarikan Adat Istiadat Negeri Seribu Suluk

Harapan LAMR,Calon Wabup Rohul Bisa Melestarikan Adat Istiadat Negeri Seribu Suluk

Rokan Hulu(matariau.com)- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul)  menyatakan, ada sejumlah nama kandidat yang pantas menduduki jabatan Wakil Bupati (Wabup) Rohul periode 2016-2022.

Mereka yang dianggap layak mendampingi H Sukiman, yang dalam waktu dekat ini akan dilantik sebagai Bupati Rohul defenitif gantikan Suparman.

Ditegaskan Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohul, Tengku Rafli Armein, sejumlah nama yang patut dipertimbangkan untuk mengisi posisi tersebut. Mereka juga adalah orang-orang yang berasal dari kalangan partai pengusung dan pendukung pasangan Suparman dan Sukiman dalam Pilkada Rohul tahun 2016 lalu. Selain itu, beberapa nama yang berasal dari kalangan birokrat juga dinilai pantas.

Dari kalangan partai Golkar, sejumlah nama dinilai potensial, seperti H.Masgaul Yunus, SH, MH yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Riau dan juga mantan Wakil Ketua DPRD Rohul, H Sari Antoni, SH (anggota DPRD Rohul selama empat periode), dan H Hasanuddin, SH (mantan Ketua DPRD Rohul). Calon lain yang dinilai pantas adalah Ketua Gerindra Rohul, Syamsul Akmal, SH serta Ketua Hanura Rohul, Tengku Azuir, SE.

Dari kalangan birokrat juga muncul sejumlah nama,  diantaranya Ir Damri yang kini menjabat Sekdakab Rohul. Damri sendiri akan masuki masa pensiun Mei 2018 nanti. Berikutnya ada nama Masperi, yang saat ini menjabat Asisten II Setdaprov Riau serta Joni Irwan SH, yang juga pejabat di Pemprov Riau.

“Terkait soal nama vigur calon Wabup ada beberapa nama, seperti Masgaul, Sari Antoni, Hasanudin, Syamsul Akmal, T. Azuir,” ungkao Tengku Rafli, Senin (5/2/2018).

Kata Tengku Rafli,dalam proses pemilihan Wabup Rohul nantinya, LAM Rohul sebagai lembaga resmi yang diakui pemerintah seharusnya ikut dilibatkan. Sehingga akan didapatkan sosok Wabup Rohul yang mengerti adat istiadat setempat di Negeri Seribu Suluk. Hal inilah yang menurutnya akan sangat penting perannya, khususnya dalam mengambil sebuah kebijakan.

“Ini perlu dicatat, kita hanya minta LAMR Rohul dilibatkan dalam penentuan calon Wabup Rohul. Kita bukan dalam konteks penentuan nama calon yang akan diajukan,” paparnya.(dr)//


Komentar