Lifestyle

4 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Wajah

4 Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Wajah
Daun Sirih

Matariau.com- Tanaman sejenis daun sirih memang merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman yang memiliki kekhasan wangi ini menjadi daya tarik dan mempunyai begitu banyak manfaat, mulai dari kesehatan sampai kecantikan wajah.

 

Tanaman yang tumbuh secara merambat ini biasanya jarang ditemui, paling tidak kalau kamu berada di pedesaan ataupun menanamnya sendiri di rumah. Manfaat yang diambil dari kecantikannya yaitu, daun sirih bisa menyembuhkan jerawat dan mengatasi kulit kusam loh. Seperti yang dikutip dari situs Kesehatan Kulit ada 4 keuntungan dari daun sirih.

 

1. Menghaluskan wajah yang kasar.


Melakukan perawatan kulit dengan daun sirih di percaya mampu menghaluskan dan melembutkan kulit yang tadinya kasar, cara perawatannya cukup mudah, siapkan 5 lembar daun sirih kemudian cuci sampai bersih, tumbuk daun sirih hingga halus kemudian tambahkan satu sendok makan madu murni, aduk-aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur rata, selanjutnya oleskan adonan tadi ke seluruh bagian wajah, dan diamkan selama kurang lebih 15 menit, setelah selesai jangan lupa bersihkan wajah dengan air dingin. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu, dan lihat hasilnya setelah satu bulan pemakaian.


2. Mencegah dan menghilangkan jerawat.


Kandungan antiseptik pada daun sirih dapat mencegah dan mengobati masalah jerawat di wajah, caranya yaitu siapkan 10 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan 1 liter air dan tambahkan campuran 2 sendok makan garam kedalamnya. Rebus hingga mendidih, setelah itu biarkan air rebusan tadi sampai dingin. Gunakanlah air rebusan daun sirih tersebut untuk membasuh wajah setiap malam sebelum tidur, lakukan setiap hari maka jerawat di wajah pun akan kering dan kempis.


3. Mengatasi kulit berminyak.


Masalah kulit berminyak bisa di atasi dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan air rebusan daun sirih, siapkan 10 lembar daun sirih yang masih muda, kemudian rebus dengan 1 liter air, biarkan sampai dingin atau hangat-hangat kuku, selanjutnya gunakanlah air tersebut untuk mencuci wajah setiap malam sebelum tidur.


4. Mencerahkan wajah yang kusam.


Selain dapat mengatasi kulit berminyak mencuci wajah dengan air rebusan daun sirih yang masih muda juga dapat mencerahkan wajah yang kusam secara alami, lakukan saja cara tersebut secara rutin dan teratur, kemudian lihat hasilnya setelah satu bulan pemakaian.


Komentar